Loading...

Teken Kontrak dengan Penggilingan, Pastikan Gabah Terserap

16:16 WIB | Wednesday, 04-July-2018 | Nusantara | Penulis : Julianto

Teken Kontrak dengan Penggilingan, Pastikan Gabah Terserap

Serapan gabah petani (Sergap) menjadi satu cara untuk memenuhi stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang ada di gudang Bulog. Untuk menggenjot serapan gabah, dilakukan penandatangan Order Pembelian (OP) atau kontrak komitmen antara Bulog dengan mitra/perusahaan penggilingan gabah.

 

“Jajaran Kementerian Pertanian dan Satgas Sergap terus bekerja saat libur Lebaran, dan kita melakukan penandatangan OP kontrak mencapai 600 ton beras per hari sampai akhir bulan ini,” kataKepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi

 

Di Kabupaten Bantul telah dilakukan penandatangan kontrak pengadaan dengan UD Sri Rahayu, UD Sri Lestari, UD Abata Mandiri, Gapoktan Sri Rejeki, Gapoktan Sumber Harapan, UD Pratama dan UD Barokah Utama. Sedangkan di Kulon Progo, Bulog juga telah meneken kontrak dengan Gapoktan Makmur Sejahtera, Gapoktan Sido Maju, Gapoktan Panca Manunggal, Gapoktan Ngesti Raharjo dan Gapoktan Among Tani. Sementara di Sleman dengan UD Barokah. Besaran kontrak pengadaan gabah/beras tiap mitra bervariasi antara 50-100 ton.

 

Sementara Subdivre Bulog Surakarta juga telah menandatangani kontrak dengan UD Sekar Putri, UD Bayu Arifin, UD Aji Jaya Wiwaha dan PB Thom Thin untuk wilayah Klaten. Di Kabupaten Boyolali dengan PB Kondang Untung. “Kami sangat berkomitmen untuk mendukung program pemerintah ini,” kata Ketua Perpadi Jawa Tengah, Tulus Budiyono.

 

Begitu juga dengan Subdivre Bojonegoro yang membawahi Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban juga melakukan hal yang sama. Tandatangan kontrak pengadaan dengan tujuh mitra Bulog, terdiri dari lima mitra di Kabupaten Bojonegoro dan dua di Kabupaten Lamongan.

 

Total kontrak yang disepakati sebanyak 810 ton beras. Terdiri dari 410 ton beras di Kabupaten Bojonegoro dan 400 ton di Kabupaten Lamongan. Ketujuh mitra yang menyepakati kontrak tersebut adalah UD Sekar Padi Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro sebanyak 60 ton, UD Barokah Alam Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro (50 ton), UD Barokah Dwi Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro (150 ton), UD Margo Rukun Kecamatan Kedung Adem, Kabupaten Bojonegoro (100 ton).

 

Selain itu, UD Diana Lestari Kecamatan Sumber Adem, Kabupaten Bojonegoro sebanyak 50 ton, UD Barokah Kecamatan Kembang Bau, Kabupaten Lamongan (300 ton), dan UD Tiga Saudara Kecamatan Kembang Bau, Kabupaten Lamongan sebanyak 100 ton.

 

“Saya sangat mengapresiasi semua pihak yang pada libur lebaran ini, menambahkan CBP dalam jumlah cukup besar. Saya berharap pergerakan serapan terus bertambah, karena potensi panen di Jawa Tengah masih cukup besar sampai Agustus,” kata Agung Hendriadi.

 

Kepala Divre Bulog DIY, Kholisun menyatakan, siap membeli gabah/beras dari Gapoktan, berapa pun jumlahnya selama memenuhi persyaratan. Di tempat terpisah, Kepala Sub Divre Bulog Pati, M. Taufik mengatakan, dalam rangka percepatan Sergap, gudang Bulog akan tetap buka pada Sabtu dan Minggu.

 

Sementara itu Kepala Sub Divre Bulog Semarang, Gatot Endro menyampaikan, akan mengupayakan agar target bisa tercapai sebelum September 2018. “Kami mohon dukungan seluruh pihak baik internal Bulog maupun eksternal untuk mendukung pencapaian target, sehingga bisa dicapai sebelum September 2018,” katanya. Yul/Ditjen PSP

 

 

 

Editor : Ahmad Soim

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162