Loading...

Gempita Gandeng Berdikari Optimalkan Lahan Pertanian

10:29 WIB | Monday, 04-December-2017 | Nusantara | Penulis : Gesha

Gerakan Pemuda Tani Nasional (Gempita) gandeng PT. BULS Berdikari untuk mengoptimalkan lahan pertanian di Sulawesi Selatan. Kesepakatan itu setelah penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Dirrktur PT. BULD Berdikari, M. Arief Arianto dengan Koordinator Gernas Gempita Deni Rusdiana di Pitu Riase, Sidrap, Sabtu (2/12).

 

Arief mengatakan, PT. Berdikari sebagai salah satu BUMN Peternakan dan fokus pada bisnis peternakan bertekad untuk mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani melalui gerakan pemuda. “Untuk mendukung Gernas Gempita, kami sangat mendukung program pelibatan generasi muda dalam percepatan swasembada pangan,” katanya.

 

Arief berharap, kerjasama optimalisasi lahan antara PT. BULS Berdikasi dengan Gempita dengan sistem ekonomi berbagi dapat dimplemetasikan secara baik, professional dan berkelanjutan. Dengan demikian akan berdampak bagi semua pihak. “Kerjasama ini akan memberikan pendapatan perusahaan milik negara, pemerintah daerah dan masyarakat pertanian,” kata Arief yang juga pernah menjabat Direktur cabang Bank Mandiri Kabupaten Bantaeng.

 

Sementara itu, Koordinator Gempita, Deni Rusdiana mengatakan, kerjasama optimalisasi lahan dengan PT. BULS Berdikari akan menjadi salah satu model penerapan mekanisasi pertanian secara penuh yang memang merupakan konsentrasi Gempita. Pengelolaan lahan ini akan melibatkan kalangan pemuda Kelompok Usaha Bersama Gempita Kabupaten Sidrap. 

 

“Dengan target pengelolaan lahan 1.000 hektar , penerapan mekanisasi tentunya relevan dan sangat ekonomis. Model kerjasama pengelolaan lahan berdikari ini kita harapkan menjadi contoh implementasi pertanian modern bagi kaum muda yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama,” tuturnya.

 

Untuk itu, Deni berharap dalam waktu singkat, Kelompok Usaha Bersama Gempita Kabupaten Sidrap dapat menjadi salah satu ikon penerapan korporasi pertanian modern sesuai yang program Presiden Jokowi bersama Mentan, Andi Amran Sulaiman.

 

“Momentum ini harus dimanfaatkan secara cepat oleh pemuda, dukungan penuh Mentan Amran demi merebut kembali kejayaan pangan jangan sampai disia-siakan,” harap Deni.

 

Menurut dia, upaya mewujudkan pertanian modern melalui pelibatan generasi muda optimis dicapai. Sebab, pemerintah sudah menyiapkan segala bentuk dukungan. Di antara bantuan gratis benih, alat mesin pertanian, pupuk, pendampingan, dan berbagai teknologi pertanian modern.

 

“Bantuan ini untuk menegakkan kembali kejayaan pangan. Kedaulatan pangan ini kita yakini akan berdampak kesejahteraan yang tiada habisnya, bahkan menjadi Indonesia negara mampu menghidupi dunia, sehingga menjadi negara yang disegani,” tegasnya. Yul

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162