Loading...

Fadli Zon : Bangun Petani Sejahtera dari Insentif Harga Layak

10:01 WIB | Thursday, 05-July-2018 | Suara Tani | Penulis : Clara Agustin

Fadli Zon, Ketua Umum HKTI

Selama ini memang belum semua petani di Indonesia dapat dikatakan sejahtera. Masih banyak petani yang hidupnya berada di garis kemiskinan. Mengapa demikian? Karena biaya produksi dan harga jual yang didapat tidak seimbang. Petani banyak mengalami kerugian.

 

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Fadli Zon mengatakan harga jual di petani ini sifatnya fluktuatif, tetapi petani tidak mendapatkan harga yang semestinya. Ketika harga turun, harga di petani sangat rendah. Tetapi pada saat harga tinggi, harga di petani biasa saja. Jadi petani tidak merasakan harga yang seharusnya.

 

"Makanya kita sebagai stakeholder memberikan masukan ke pemerintah agar petani mendapatkan harga insentif yang layak. Sehingga kesejahteraannya meningkat,” katanya saat acara Halal Bihalal HKTI di Jakarta, Rabu (4/6).

 

Bukan hanya masalah harga saja, permasalah lainnya seperti penyuluhan, stok, kebijakan impor dan lainnya yang dampaknya merugikan petani akan diperjuangkan. Sehingga lambat-laun kesejahteraan petani meningkat. “Ya kita pikirkan ke depan memang mengarah kepada kesejahteraan petani. Kalau kesejahteraan petaninya meningkat, tentu masalah pangan dapat teratasi,” jelas Fadli yang menjabat juga sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

 

Karena itu, bentuk kegiatan yang dilakukan HKTI dalam membantu kesejahteraan petani hingga saat ini bukan hanya sebagai perantara dalam mengemukakan pendapat ke pemerintah. Melainkan pelatihan-pelatihan di sektor pertanian yang selalu rutin dilaksanakan. “Kita ini perwakilannya sudah ada di setiap provinsi dan mereka selalu mengadakan kegiatan pelatihan. Salahsatu contohnya dalam waktu dekat ini HKTI yang ada di Aceh akan melakukan pelatihan budidaya tanaman cabai,” ungkap Fadli.(cla)

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162