Loading...

Babinsa Berperan sebagai Penyuluh

12:51 WIB | Wednesday, 06-December-2017 | Nusantara | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menerapkan beragam cara untuk mencapai target Indonesia lumbung pangan dunia di 2045. Kerjasama dengan berbagai pihak pun semakin digencarkan, tak terkecuali dengan TNI AD dalam hal ini Bintara Pembina Desa (Babinsa).

 

Pada acara Pembinaan Integritas Program dan Layanan Pertanian (PROTANI), di Lampung, Selasa lalu (5/12) Mayor Arm Boob Hendra Mulia Alam selaku Pasi Wanmil Siter Rem/043 Garuda Hitam, menjelaskan peran TNI dalam mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan menuju lumbung pangan dunia 2045.

 

Ia mengatakan bahwa TNI melalui Babinsa membantu para penyuluh pertanian memacu para petani supaya bisa melakukan kegiatan usaha taninya. Babinsa melakukan kegiatan pendampingan berupa penyuluhan pertanian. Kedua, mengawal pupuk, mendata alat dan mesin pertanian yang ada, mengoptimalkan kegiatan-kegiatan pertanian yang ada di wilayahnya.

 

Ia menegaskan, untuk menuju lumbung pangan dunia 2045 perlu peningkatan kemampuan babinsa itu sendiri. Babinsa perlu diberi kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di balai pelatihan pertanian.

 

Dengan meningkatnya kapasitas diri, paling tidak Babinsa mampu seiring sejalan dengan penyuluh dalam melaksanakan tugas pendampingan ke petani. “Seperti kita tahu saat ini penyuluh masih kurang jumlahnya. Maka kekurangan penyuluh tersebut bisa tertutupi oleh kehadiran Babinsa Kami," tukasnya.

 

Di Provinsi Lampung jumlah babinsa terdata 1.453 personil yang tersebar di 8 kodim dan 75 koramil. Babinsa yang ada bisa dimanfaatkan oleh Kementan untuk membantu menutupi kekurangan penyuluh.

 

“Bukan mengambil alih pekerjaan penyuluh, namun berperan layaknya penyuluh untuk memotivasi dan memacu daerah meningkatkan produksi pertanian. Agar petani tidak meninggalkan sawahnya untuk bekerja di industri,” jelasnya. Tia/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162